Senin, 23 Agustus 2010

SRIWIJAYA AIR : Welcome to LUWUK, the MOST proposed recommended city for SULTIM

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air sedang menjajaki pembukaan rute baru dari Palu ke Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
"Kami sedang menjajaki kemungkinan membuka rute baru dari Palu ke beberapa kota kabupaten dalam wilayah Sulteng," kata Kepala Perwakilan Sriwijaya Palu Ery Soehaeri, Jumat.
Ia mengatakan, untuk tahap pertama ini penjajakan rute baru adalah Palu-Luwuk.
Hasil sementara survei yang dilakukan beberapa bulan terakhir ini, pembukaan rute baru ke daerah itu cukup memungkinkan.
Survei antara lain menyangkut jumlah penduduk, potensi daerah, peluang bisnis di berbagai sektor terutama pariwisata serta sarana dan prasarana penunjang seperti bandara.
"Soal kesiapan bandara tidak ada masalah karena Bandara Syukuran Amir (Bubung) Luwuk sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti yang dioperasikan Sriwiyaja Air saat ini,? ujarnya.
Jenis pesawat yang digunakan Sriwijaya Air untuk rute regular Palu-Makassar-Balikpapan adalah Boeing 737 Seri 300-400 dengan kapasitas 134 penumpang.
Ia menambahkan, jika managemen Sriwijaya Air menyetujui rencana pembukaan rute Palu-Luwuk akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah Kabupaten Banggai, dan Banggai Kepulauan (Bangkep).
Kepala Bidang Transportasi Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng Nursiah Umar menyambut positif rencana Sriwijaya Air membuka rute penerbangan ke Luwuk.
"Pemerintah pada prinsipnya mendukung bahkan kalau bisa semua wilayah di Sulteng bisa dijangkau dengan pesawat," katanya.
Soal bandara, menurut Umar, tidak perlu diragukan karena telah memenuhi standar untuk didarati pesawat berbadan lebar.
Dalam kurun dua bulan terakhir ini, dua maskapai yakni Express Air dan Batavia Air tiga kali seminggu menerbangi rute Makassar-Luwuk-Manado menggunakan pesawat Boeing 737 seri 200 dan 300.
"Jadi tidak ada masalah jika Sriwijaya Air akan membuka penerbangan ke Luwuk sebab sarana dan fasilitas bandara sudah cukup memadai," kata Umar.
Panjang landasan pacu Bandara Syukuran Amir Luwuk saat ini 1.850 meter dan lebar 30 meter.
(SUMBER : Antara)

Jumat, 13 Agustus 2010

1st SEMESTER in GEOTECHNICAL Class (UNPAR PG STUDY 2010/2011).


Perilaku Tanah
Konsep dasar perilaku tanah, Interaksi tanah lempung dan air, Stress path dan Kriteris keruntuhan tanah, Perilaku kuat geser dan deformasi pada tanah, Masifikasi problem stabilitas deformasi, serta parameter tanah terkait. Pendekatan SHANSEP, Formasi tanah, Korelasi karakteristik teknis tanah, Anisotropi, Hukum konstitutif pada tanah, Critical state soil mechanics, Model hiperbolik dan model lain.

Perbaikan Tanah  
Prinsip perbaikan tanah, Tanah ekspansif, Tanah organik dan gambut, Stabilisasi dengan semen dan kapur, Kompaksi dalam (deep compaction), Kompaksi dinamik, Preloading dan drainase vertikal, Stone column, Grouting, Underpinning, Dinding diafragma, Aplikasi geotekstil dan geomembran, Penjangkaran tanah, Soil nailing.

Mekanika Tanah Lanjut  
Prinsip-prinsip mekanika tanah dasar, Prinsip tegangan efektif, Distribusi tegangan pada tanah, Settlement, Aplikasi stress path untuk analisis settlement, Konsolidasi satu dan tiga dimensi, Kuat geser tanah dan metode pengujian di laboratorium, Pengujian tanah di lapangan (in-situ test) dan metode interpretasinya. Pengenalan Teori Keruntuhan dalam tiga dimensi.

Geologi Teknik dan Mekanika Batuan
Geologi teknik, sifat teknis batuan, sifat fisik batuan, sifat mekanika batuan, klasifikasi massa batuan, pengujian batuan, kriteria keruntuhan batuan, aplikasi mekanika batuan, struktur di atas batuan, batuan sebagai material konstruksi (Sumber : Unpar PGSt buku panduan 2010/2011)