Rabu, 06 April 2011

PEMIMPIN BARU semoga bisa JUJUR ADIL TEGAS BERANI dan NO CORRUPTION : PEMILUKADA SULTENG 2011

Hitung cepat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang dilaksanakan Lingkaran Survei Kebijakan Publik dan Lingkaran Survei Indonesia, menempatkan pasangan Longki Djanggola-Sudarto sebagai peraih suara terbanyak.
Dalam konferensi pers LSKP-LSI, sore ini, pasangan yang diusung Koalisi Reformasi beranggotakan Gerindra, Hanura, PPP, Patriot, PDP, PKPB, dan PKS ini disebut meraih 53,98% suara.
Peringkat kedua ditempati Aminuddin Ponulele-Luciana Baculu (Adil) dari Partai Golkar dengan raihan 15,16%, disusul pasangan calon yang diusung Koalisi PKPI, PAN, PDS, dan PBR, Rendy Lamadjido-Bandjela Paliudju (Rela) sebesar 13,07%.
Selanjutnya, Sahabuddin Mustapa-Faisal Mahmud (SAFA) yang diusung Koalisi Nusantara (16 partai tanpa kursi) dengan 9,80%, dan terakhir Achmad Yahya-Ma’ruf Bantilan (AY-MB) yang dijagokan Koalisi Partai Demokrat dan PKB 8,00%.
Asep Rohmatullah, Manajer Riset dan Strategi LSKP-LSI mengatakan pihaknya mengambil sampel di 332 tempat pemungutan suara (TPS) dari 5.297 TPS yang ada. Total pemilih yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah sebanyak 1.785.763 orang.
Penarikan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan rasio kesalahan plus minus 1%.
“Pasangan Longki menang di sembilan kabupaten/kota dengan 35%-68% suara, yakni Banggai, Bangkep, Morowali, Kota Palu, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, dan Tolitoli. Sementara pasangan Adil hanya unggul di Kabupaten Donggala dan Buol,” papar Asep.
Hasil hitung cepat lembaga tersebut senada dengan Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC). Sampai pukul 16.00 wita, IDEC melaporkan Longki unggul sementara dengan 58,47%, disusul Adil 12,41%, SAFA 11,45%, Rela 10,13%, dan AY-MB 7,53%.
Seperti dikutip Antara, jumlah suara yang direkap IDEC berjumlah 129.197 dari 505 TPS.
Longki dan Sudarto memperoleh suara terbesar di semua TPS di mana para calon gubernur dan wakil gubernur memberikan suara.
Penjabat Gubernur Tanribali Lamo bersama sejumlah pemimpin daerah dan Ketua KPU Sulteng mengunjungi sejumlah TPS di Palu, Sigi, dan Donggala sejak pukul 09.00 sampai 13.00 wita, hari ini.
“Beliau puas dengan pelaksanaan pilkada hari ini. Tidak ditemukan hal yang mengganggu pelaksanaan pemungutan suara. Kondisi keamanan juga kondusif, tidak ada gangguan,” tukas Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng Moh.Nizam. (Sumber : berita-kti.com/mw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar