Minggu, 30 Agustus 2009

Kisruh Donggi-Senoro

Kekisruan mengenai Proyek Pembangunan LNG DONGGI-SENORO di Luwuk-Banggai terus berlanjut seperti saduran berita dibawah ini :

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan tidak berminat membeli gas dari kilang Donggi-Senoro karena harga gas di mulut sumur dinilai mahal sebesar 6,16 dolar AS per meter kubik british thermal unit (MMBTU).

"Terlalu mahal, sehingga kami belum mempertimbangkan untuk membeli," kata Dirut PGN, Hendi P Santoso, usai acara Berbuka Puasa Direksi BUMN" di Gedung Bank Mandiri, Jakarta, Jumat.

"Jika dibawa ke Pulau Jawa harganya bisa menjadi 12-13 dolar AS per meter kubik. Ini artinya sama dengan harga solar," tegasnya.

Diketahui, dua calon pembeli gas Senoro yang berlokasi di Sulawesi Tengah itu yaitu Kansai Electric dan Chubu.

Belakangan Kansai menarik diri sehingga praktis pembeli dari luar negeri tinggal Chubu.

Namun dua calon konsumen dalam negeri yakni PT PLN, dan PGN Tbk, dan sejumlah pabrik pupuk menyatakan minat untuk membeli gas Senoro.

Akan tetapi, Hendi berpendapat, harga yang ditawarkan Senoro masih tinggi, sehingga pihaknya akan kesulitan menjual gas tersebut kepada calon pelanggan.

Hendi pun membandingkan, harga jual gas yang dijual PGN saat ini hanya 5,6 dolar AS per meter kubik (Sumber : Antaranews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar